Tugas 1 Rekayasa Kebutuhan - Identifikasi Aplikasi Transaksi Parkir Non-Tunai

Nama    : Husin Muhammad Assegaff

NRP      : 05111940000127

Kelas    : RK B



A. Soal

  1. Deskripsikan aplikasi Parkir 
  2. Identifikasi User dan Stakeholder
  3. Tulis/ Gambarkan kebutuhan dari masing-masing user/ stakeholder
  4. Tentukan aspek lain yang penting supaya aplikasi berjalan lancar

B. Jawaban

1. Aplikasi parkir non-tunai yang dikembangkan oleh Liquid Parking Technology merupakan sistem pembayaran parkir yang menggunakan pembayaran non tunai dengan penyediaan alat pembayaran mandiri. Sistem ini ditujukan kepada pemilik bisnis / gedung yang memerlukan sistem parkir yang mudah dan instan, contohnya seperti gedung apartemen. Cara penggunaan sistem parkir ini adalah sebagai berikut,
  • Pengguna saat akan memasuki area parkir akan diwajibkan untuk menekan tombol pada sistem parkir yang berada di pintu masuk parkir
  • Setelah tombol ditekan, pengguna akan mendapatkan bukti parkir yang akan diperlukan saat keluar dan palang yang ada di pintu masuk akan terbuka, sehingga pengguna dapat masuk ke dalam area parkir
  • Kemudian, apabila pengguna sudah selesai dengan urusannya di gedung dan ingin keluar, maka pengguna dapat menuju ke area pintu keluar parkir
  • Lalu, pengguna dapat menempelkan bukti parkir pada layar sistem parkir yang ada di pintu keluar
  • Selanjutnya, pengguna akan diarahkan untuk melakukan pembayaran secara non tunai. Terdapat dua pilihan metode pembayaran, yakni kartu e-money dan QRIS
  • Apabila pengguna menggunakan metode pembayaran e-money, maka pengguna dapat menempelkan kartu e-money pada layar sistem parkir
  • Jika menggunakan metode pembayaran QRIS, maka pengguna dapat menyentuh layar sistem parkir untuk menampilkan kode QR yang dapat di-scan pengguna
  • Setelah berhasil melakukan pembayaran, maka palang yang ada di pintu keluar akan terbuka dan pengguna dapat keluar dari area parkir
2. Pihak yang terlibat pada aplikasi ini adalah sebagai berikut,
  • User = masyarakat (umum / pengguna gedung) yang ingin parkir dan admin
  • stakeholder = pemilik gedung
3. Kebutuhan masing-masing pihak sebagai berikut,
  • Masyarakat
    • Dapat masuk dan keluar dari area parkir secara mudah
    • Dapat melakukan pembayaran non-tunai dengan tanpa kendala
    • Bisa memahami cara penggunaan sistem parkir dengan cepat dan nyaman
  • Admin
    • Mendapatkan informasi mengenai jumlah penggguna parkir
    • Mendapatkan informasi area parkir yang masih bisa digunakan
    • Memiliki data keuangan dari pendapatan uang parkir
    • Mengelola data statistik sistem parkir secara keseluruhan
  • Pemilik gedung
    • Mendapatkan laporan mengenai data parkir
    • Melakukan pengembangan area parkir berdasarkan kesimpulan yang didapatkan dari data yang ada
4. Aspek lainnya yang tidak kalah penting,
  • Koneksi internet
  • Database dan server yang aktif
  • Daya listrik dan genset untuk kondisi darurat
  • Kamera CCTV
  • Pemeliharaan sistem parkir, peralatan parkir, dan area parkir

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 3 Rekayasa Kebutuhan - Input dan Output Requirement Engineering Process

Tugas 2 Rekayasa Kebutuhan - Studi Kasus Proses Requirement Engineering