Tugas 1 Rekayasa Kebutuhan - Identifikasi Aplikasi Transaksi Parkir Non-Tunai
Nama : Husin Muhammad Assegaff
NRP : 05111940000127
Kelas : RK B
A. Soal
- Deskripsikan aplikasi Parkir
- Identifikasi User dan Stakeholder
- Tulis/ Gambarkan kebutuhan dari masing-masing user/ stakeholder
- Tentukan aspek lain yang penting supaya aplikasi berjalan lancar
B. Jawaban
1. Aplikasi parkir non-tunai yang dikembangkan oleh Liquid Parking Technology merupakan sistem pembayaran parkir yang menggunakan pembayaran non tunai dengan penyediaan alat pembayaran mandiri. Sistem ini ditujukan kepada pemilik bisnis / gedung yang memerlukan sistem parkir yang mudah dan instan, contohnya seperti gedung apartemen. Cara penggunaan sistem parkir ini adalah sebagai berikut,
- Pengguna saat akan memasuki area parkir akan diwajibkan untuk menekan tombol pada sistem parkir yang berada di pintu masuk parkir
- Setelah tombol ditekan, pengguna akan mendapatkan bukti parkir yang akan diperlukan saat keluar dan palang yang ada di pintu masuk akan terbuka, sehingga pengguna dapat masuk ke dalam area parkir
- Kemudian, apabila pengguna sudah selesai dengan urusannya di gedung dan ingin keluar, maka pengguna dapat menuju ke area pintu keluar parkir
- Lalu, pengguna dapat menempelkan bukti parkir pada layar sistem parkir yang ada di pintu keluar
- Selanjutnya, pengguna akan diarahkan untuk melakukan pembayaran secara non tunai. Terdapat dua pilihan metode pembayaran, yakni kartu e-money dan QRIS
- Apabila pengguna menggunakan metode pembayaran e-money, maka pengguna dapat menempelkan kartu e-money pada layar sistem parkir
- Jika menggunakan metode pembayaran QRIS, maka pengguna dapat menyentuh layar sistem parkir untuk menampilkan kode QR yang dapat di-scan pengguna
- Setelah berhasil melakukan pembayaran, maka palang yang ada di pintu keluar akan terbuka dan pengguna dapat keluar dari area parkir
2. Pihak yang terlibat pada aplikasi ini adalah sebagai berikut,
- User = masyarakat (umum / pengguna gedung) yang ingin parkir dan admin
- stakeholder = pemilik gedung
3. Kebutuhan masing-masing pihak sebagai berikut,
- Masyarakat
- Dapat masuk dan keluar dari area parkir secara mudah
- Dapat melakukan pembayaran non-tunai dengan tanpa kendala
- Bisa memahami cara penggunaan sistem parkir dengan cepat dan nyaman
- Admin
- Mendapatkan informasi mengenai jumlah penggguna parkir
- Mendapatkan informasi area parkir yang masih bisa digunakan
- Memiliki data keuangan dari pendapatan uang parkir
- Mengelola data statistik sistem parkir secara keseluruhan
- Pemilik gedung
- Mendapatkan laporan mengenai data parkir
- Melakukan pengembangan area parkir berdasarkan kesimpulan yang didapatkan dari data yang ada
4. Aspek lainnya yang tidak kalah penting,
- Koneksi internet
- Database dan server yang aktif
- Daya listrik dan genset untuk kondisi darurat
- Kamera CCTV
- Pemeliharaan sistem parkir, peralatan parkir, dan area parkir
Komentar
Posting Komentar